Sunday, August 1, 2010

Marhaban Yaa Ramadhan

Marhaban Yaa Ramadhan..
Tak terasa bulan penuh berkah dan maghfirah dalam hitungan hari akan menyapa kita. Semoga kita dipanjangkan umur dan diberikan kesehatan yang prima agar dapat berjumpa dan mengisi bulan Ramadhan dengan maksimal dan penuh kekhusyuan, itulah yang menjadi harapan kita semua, amin.
Seperti kita ketahui, bulan Ramadhan ibarat pesantren kilat bagi umat Islam, dimana di bulan ini kita diajarkan untuk bersikap peduli, disiplin, sabar, jujur dan ikhlas. 

Peduli, karena puasa Ramadhan mengajarkan agar kita dapat merasakan penderitaan mereka yang sulit mendapatkan makanan dan kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, kita juga dilatih peduli antar sesama melalui sedekah, zakat mal maupun zakat fitrah.

Disiplin, karena kita diwajibkan untuk menahan lapar, dahaga dan hawa nafsu selama berpuasa mulai adzan subuh hingga waktu maghrib kecuali bagi yang berhalangan. Disiplin untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Sabar dalam menghadapi godaan, menahan emosi dan amarah. Jujur dalam perkataan dan perbuatan, kebohongan hanya akan membuat puasa menjadi sia-sia, hanya lapar dan dahaga saja yang diperoleh.

Ikhlas dalam menjalankan ibadah baik yang wajib seperti shalat lima waktu dan puasa Ramadhan maupun yang sunnah seperti sholat tarawih, witir dan tadarus, tidak dicampuri perasaan riya, ujub, sombong atau penyakit hati lainnya.

Tentunya kita berharap berbagai hikmah penting yang terdapat di bulan Ramadhan dapat kita peroleh dengan baik. Kita harapkan sikap peduli, disiplin, sabar, jujur dan ikhlas dapat melekat pada diri kita tidak hanya di bulan Ramadhan saja tetapi di bulan-bulan berikutnya, insyaAllah. Laa Hawla Walaa Quwwata Illaa Billah..

Mari kita sambut bulan Ramadhan dengan penuh senyum bahagia. Sebagai persiapan kita buka kembali referensi-referensi seputar Ramadhan untuk menyegarkan kembali ingatan kita. InsyaAllah dalam blog ini, saya pun akan menyajikan satu per satu hal-hal yang berkaitan dengan pernak-pernik Ramadhan.

Marhaban Yaa Ramadhan..

Wassalam.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails